Peristiwa

Krisis Ikan, Dinas Perikanan Dan Peternakan Bartim Lepaskan 40 Ribu Ikan Disungai

BARITO TIMUR, TimeBorneo.com – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Mishael menerangkan bahwa pihaknya telah melepaskan 45 ribu ekor benih ikan betok, di mana 40 ribunya dilepas di Sungai Sarapat dan 5 ribu sisanya dilepas di Embung Sirau, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

 

“Kami berharap dapat meningkatkan populasi dan keragaman jenis ikan di Sungai Serapat serta Embung Sirau. Selain itu, penyediaan stok ikannya merupakan kerjasama pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Kalimantan Selatan,” kata Mishael, pada Jumat (8/10/2021).

 

Seperti yang juga diketahui bahwa di lapangan, kerap kali para pencari ikan di musim kemarau, bahkan dari luar provinsi, datang berombongan memenuhi lokasi-lokasi sungai ataupun cekungan yang penuh dengan ikan. Hal ini diduga kegiatan hobi memancing maupun yang sekadar ikut tren, hingga habitat ikan di sungai pun berkurang.

”Kemarin-kemarin waktu jarang hujan, air surut dan banyak pencari ikan datang, kami sering menegur mereka, agar jangan terlalu mengeruk secara berlebihan. Apalagi dengan cara memberi racun potas. Bukan hanya mengakibatkan ikan mati, tapi di hilir sana, orang yang memanfaatkan air sungainya juga bisa terkena dampak,” tutur salah seorang warga Wuran, Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang, pada Sabtu (9/10/2021).

Komentar

Loading...