Kriminalitas

Ngaku Dari Dealer Suzuki, Seorang Pria Tipu Hingga Jutaan Rupiah

KOTAWARINGIN TIMUR, TimeBorneo.com – Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono melalui Kasatreskrim AKP Afif Hasan membenarkan peristiwa penangkapan seorang pria berinisial RI (24) atas dugaan aksi penipuan, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Diketahui bahwa RI merupakan warga Desa Kandan RT 01, Kecamatan Kota Besi , Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah ini dibekuk Resmob Polres Pulang Pisau, di Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Banjarmasin, tepatnya di Bereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangkaraya, pada Sabtu (9/10/2021).

Kronologis bermula pada Sabtu tanggal 8 Oktober 2021 sekira jam 07.00 Wib, pelaku berinisial RI (24) datang ke rumah korban berinisial A di jalan Trans Kalimantan Km 56 Desa Jabiren RT 06 Kecamatan Jabiren Raya. RI melakukan aksinya dengan modus mengaku dari pihak dealer Suzuki dan menawarkan promo pemotongan kredit selama 15 bulan kepada salah satu warga RT. 06 Desa Jabiren Raya bernama Adi. Dengan membayarkan biaya sebesar Rp 6,7 juta, dan korban hanya membayar sebesar Rp.2,7 juta.

Setelah menerima uang Rp. 2,7 juta dari korban, pelaku langsung pergi ke arah Pulang Pisau. Merasa curiga, korban mencatat plat mobil yang digunakan pelaku Mobil Avanza KH 1854 FQ serta menghubungi pihak leasing atau pendanaan yang dimaksud. Namun, tidak ada penawaran atau promo kredit potongan 15 bulan tersebut. Beruntung, korban mencatat nomor plat kendaraan dan langsung melaporkan ke pihak kepolisian.

"Atas aksi tipu-tipunya, RI berhasil membawa kabur uang tunai Rp. 2,7 juta, dan saat ini meringkuk di sel tahanan Polres Pulang Pisau. Pelaku dikenai Tindak Pidana Penipuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 KUHPidana," tutur AKP Afif Hasan, pada Minggu (10/10/2021).

Komentar

Loading...