Peristiwa

Syarief Yasser Arafat: Pemimpin Adalah Pelayan Masyarakat

SINTANG, TimeBorneo.com - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat, buka kegiatan Pembekalan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Kabupaten Sintang Tahun 2021 di Gedung Pancasila, pada Senin (11/10/2021).

Sebagai perwakilan Pelaksana Harian Bupati Sintang, Syarief Yasser Arafat menuturkan kemampuan menyelenggarakan pemerintahan desa sangat ditentukan oleh kecakapan menajerial dari eksponen pemerintahan desa dan berfungsinya sistem manajemen dan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dalam konteks sistem manajemen dan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, desa merupakan tempat bertemunya kebijakan pemerintah dan aspirasi dari masyarakat, tempat dikoordinasikannya program-program pembangunan yang masuk ke wilayah perdesaan.

Selain itu, desa sebagai tempat terwujudnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, tempat pemberian pelayanan kepada masyarakat secara langsung dan tingkat pemerintahan yang mendukung pemerintahan kabupaten.

“Saya ingin mengingatkan bahwa kepala desa harus dapat menjalankan fungsi sebagai pemimpin pada berbagai situasi dan perubahan. Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan kenyataan. tanggung jawab terakhir seorang pemimpin adalah mengucapkan terima kasih. di antara keduanya, pemimpin adalah pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Komentar

Loading...