Peristiwa

Banyak NIK Invalid, Disdukcapil Kapuas Bantu Dinsos Verifikasi Data DTKS

KAPUAS, TimeBorneo.com – Plt Disdukcapil Kabupaten Kapuas Sipie S Bungai menyampaikan meski pengolahan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bukan wewenang pihaknya, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Meskipun bukan wewenang Disdukcapil, akan tetapi Sipie S Bungai mengaku bahwa pihaknya membantu Dinsos untuk validasi dengan tujuan masyarakat mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH),yang merupakan program Kementrian Sosial RI.

Terkait perbaikan DTKS yang tidak sesuai maka dilakukan perbaikan oleh Dinas Sosial melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan operator yang ada di kecamatan dan desa. Disdukcapil hanya melakukan verifikasi dan konsulidasi data kependudukan terhadap hasil perbaikan DTKS yang sudah dilakukan oleh Dinas Sosial yang telah di imput dalam aplikasi SIKS-NG.

"Seharusnya Kelurahan dan Desa melakukan validasi data setiap saat, sebab Disdukcapil hanya menerbitkan E-KTP dan NIK setelah dilkukan perekaman, data sudah jelas hanya saja yang menentukan masyarakat mendapat bantuan BPNT dan PKH itu melalui DTKS," tutur Plt Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai, pada Senin(11/10/2021).

Diketahui bahwa sebelumnya terdata 77.047 setelah dilakukan validasi data ada 65.525 sehingga yang harus di selesaikan perbaikan data sekitar 1.215 dimana data NIK invalid.

Komentar

Loading...