Peristiwa

Pulihkan Ekosistem Tanam Nasional Sebangau, BPDASHL Kahayan Beri 52 Ribu Bibit Pohon

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com - Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) Kahayan, Supriyanto Sukmo Sejati serahkan 52.520 bibit pohon hutan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) Habaring Hurung, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Penyediaan dan penyerahan bibit tersebut adalah untuk mendukung kegiatan penanaman dalam rangka pemulihan kembali ekosistem di Taman Nasional Sebangau kepada masyarakat Peduli Api (MPA) Habaring Hurung di Persemaian Permanen Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Adapun jenis bibit yang diserahkan terdiri atas pohon pulai, belangeran, dan jelutung. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara BPDASHL Kahayan dengan Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) dan Borneo Nature Foundation (BNF) Indonesia.

Ribuan bibit ini akan dibagi untuk dua kelompok, yaitu Community Nursery (CN) Habaring Hurung, Kota Palangka Raya; dan untuk CN di Daops 1 Kasongan, Kabupaten Katingan.Dua komunitas pembibitan tersebut merupakan binaan BTNS dan BNF Indonesia.

Kepala SPTN 1 Taman Nasional Sebangau, Lisna Yulianty menyebutkan bahwa Kerja sama ini diharapkan terus terjalin lebih baik lagi dan target-target pemulihan ekosistem juga bisa tercapai dengan baik. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar Taman Nasional Sebangau.

“Bibit yang akan ditanam ini merupakan tanaman lokal. Hal ini agar di area tanam kembali nantinya tumbuh tanaman-tanaman lokal, seperti pulai, belangeran, dan jelutung yang hilang karena terbakar,” tutur Habitat Restoration Officer BNF Indonesia, Daniel Katopo pada Selasa (12/10/2021).

Komentar

Loading...