Peristiwa

BMKG Palangka Raya Temukan 41 Titik Panas, Erlin Hardi Himbau Warga Jangan Bakar Lahan

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng, Erlin Hardi sampaikan bahwa sebanyak 41 titik panas ditemukan di beberapa kabupaten di Kalimantan tengah, seperti diberitakan dalam, Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Hal tersebut disampaikan Erlin Hardi berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dari Satelit Terra, Aqua, SNPP dan NOA, pada Rabu (13/10/2021).

Adapun 41. Hotspot tersebut berada di wilayah Kabupaten Barito Utara 3 titik, Kapuas 1 titik, Katingan 8 titik, Lamandau 6 titik, Murung Raya 11 titik, Seruyan 2 titik, Kotawaringin Barat 6 titik, dan Kotawaringin Timur 4 titik.

Menurut Erlin Hardi meskipun wilayah Kalteng secara umum masih berpotensi turun hujan, namun harus tetap waspada terhadap potensi-potensi yang bisa menimbulkan Karhutla, karena ditinjau dari parameter analisa cuaca, sebagian besar wilayah di Kalteng masuk kategori sangat mudah terbakar.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dalam membersihkan lahannya jangan sesekali dengan cara dibakar, karena dapat menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi,” tutur Erlin Hardi pada Kamis (14/10/2021).

Komentar

Loading...