Peristiwa

Selama 2021 Pasies RSJD Meningkat, Jaya Mualimin: Penyakit Ini Sangat Berat

Direktur Rumah Sakit Jiwa Derah (RSJD) Atma Husada Mahakam Provinsi Kaltim, Jaya Mualimin

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Direktur Rumah Sakit Jiwa Derah (RSJD) Atma Husada Mahakam Provinsi Kaltim, Jaya Mualimin sampaikan bahwa sepanjang tahun 2021 jumlah ODGJ di Kaltim alami peningkatan, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Kabupaten/kota yang paling banyak mengirimkan ODGD ke RSJD Atma Husada Mahakam dari Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang yang paling besar berpengaruh dari lingkungan, kemudian ekonomi serta Pergaulan.

Saat ini pihak RSJD Atma Husada Mahakam Provinsi Kaltim menangani 135 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menjalani rawat inap. Terkait kapasitas tempat tidur, RSJD menyediakan fasilitas 190 tempat tidur.

“Penyakit jiwa ini, sangat berat dan sifatnya manaun dan selalu kambuh. Ada beberapa yang kambuhnya setiap bulan, tapi ada yang kambuh 6 bulan. Tidak hanya itu, masih ada masyarakat yang menganggap penyakit jiwa ini sebagai penyakit yang tidak akan sembuh,” tutur Jaya.

Komentar

Loading...