Peristiwa

Hindari Sangketa, Wagub Kalteng Serahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi menyerahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Food estate Tahun 2020 kepada 24 orang warga di Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, pada Sabtu (16/10/2021) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com]. 

PTSL Food Estate Tahun 2020 adalah program Sertifikasi oleh Kementerian ATR/BPN terhadap kepemilikan lahan pada pembangunan lumbung pangan atau Food Estate. Dengan penerbitan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di lahan pengembangan Food Estate diharapkan akan memberikan kepastian hukum atas hak tanah yang dimiliki masyarakat.

Hasil/Output Sertifikat kegiatan PTSL Food Estate Tahun 2020 adalah penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah sebanyak 9.613. Untuk kegiatan saat ini, diserahkan secara simbolis untuk desa di Kecamatan Kapuas Murung kepada 24 orang penerima sertifikat.

Sedangkan untuk PTSL Food Estate Tahun 2020 Kabupaten Kapuas dilaksanakan pada Area AOI tahap 1 seluas 54.668,67 Ha di 7 Kecamatan dan 58 Desa, yang salah satunya ada Kecamatan Kapuas Murung yang terdiri dari Desa Palingkau Lama, Desa Palingkau Baru, Desa Palingkau Jaya, Desa Palingkau Asri, Desa Tajepan, Desa Mampai, Desa Karya Bersama dan Desa Muara Dadahup.

“Masyarakat akan merasa aman dan memiliki kemauan kuat menggarap lahannya sebaik mungkin, demi meningkatkan kesejahteraan keluarga, yang pada akhirnya mendukung suksesnya program Food Estate. Pemberian sertifikat ini untuk mencegah timbulnya konflik atau sengketa kepemilikan tanah di kemudian hari,” tutur Edy.

Komentar

Loading...