Peristiwa

Kesenjangan Digital Di Pedesaan, Diskominfo Kaltim Sediakan Internet Di Daerah Blankspot

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dianto

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Dinas Komunikasi dan Informantika Provinsi Kaltim menetapkan program unggulan dengan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan internet untuk menghubungkan desa-desa, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Hal tersebut dilakukan mengingat kesenjangan digital dan  informasi menjadi isu di masyarakat pedesaan, oleh karena itu hal ini dianggap sebagai upaya mewujudkan penduduk melek teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mampu mencerdaskan diri dan memakmurkan kehidupan masyarakat.

"Kita memiliki desa-desa terpencil dan kondisi desa itu ada yang memiliki listrik dan infrastruktur jalan yang belum memadai serta ada juga yang tidak memiliki jaringan listrik apa lagi jaringan telekomunikasi," tutur Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dianto pada Senin (18/10/2021).

Dalam kegiatan Pemetaan Kemampuan Sarana Telekomunikasi Per Wilayah, yang dilaksanakan secara daring tersebut, Dianto menjelaskan salah satu layanan Diskominfo untuk mengurangi kesenjangan antara kota dan desa dalam hal penyediaan internet di pedesaan atau daerah blankspot.

Dianto mengaku pemasangan akses internet desa tersebut akan terus dilakukan dengan jumlah yang terus bertambah setiap Untuk memenuhi telekomunikasi komunikasi dipedesaan diperlukan pendataan. Oleh karena itu, pihaknya berusaha sekeras mungkin supaya bisa terpenuhi. Adapun beberapa desa yang sulit dijangkau seperti di Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Paser dan Kukar.

Komentar

Loading...