Peristiwa

Ketua KIP Kaltim Harap Informasi Publik Mampu Minimalisir Sangketa Informasi

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Komisi Informasi Provinsi Kaltim gelar Diskusi Publik bertema Urgensi Keterbukaan Informasi Dalam Memperkuat Penyelenggaraan Negara Yang Baik Dan Bersih bertempat di Aula Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Jl Sambaliung Gunung Kelua Samarinda, pada Senin (18/10/2021) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

“Keterbukaan informasi publik merupakan poin penting bagi terwujudnya akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik, dimana tidak ada lagi 'sekat' penghalang masyarakat untuk mengetahui apa saja yang telah diperbuat oleh penyelenggara pelayanan publik, khususnya terkait dengan standar operasional,” ungkap Ketua KIP Kaltim Ramaon D Saragih.

Pentingnya keterbukaan informasi membuat pemerintah mengeluarkan UU No. 12 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). UU KIP memberikan jaminan kepastian, khususnya bagi masyarakat untuk dapat mengakses informasi yang ada di badan publik.

“Saya berharap urgensi keterbukaan informasi dalam memperkuat penyelenggaraan negara yang baik dan bersih bagi masyarakat dapat dipahami oleh semua Badan Publik, untuk terbuka terhadap informasi publik guna meminimalisir terjadinya sengketa informasi,” tambahnya.

Komentar

Loading...