Peristiwa

Disbudparpora Bartim Bangun Books Corner Di Kawasan Wisata Lewu Hante Guna Tingkatkan Minat Baca

BARITO TIMUR, TimeBorneo.com – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda & Olahraga Kabupaten Barito Timur diketahui tengah membuka pojok buku (books corner) di lokasi wisata Rumah Betang/Lewu Hante, Taniran, Pasar Panas, Kecamatan Benua Lima, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Pojok Buku/Books Corner tersebut adalah agenda bersama dengan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupateb Bartim, yang bertujuan untuk membangkitkan minat baca masyarakat. Buku-buku yang disediakan di Books Corner merupakan koleksi di pepustakaan daerah, yang disediakan oleh pihak Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Bartim. Dan setahun sekali, koleksi buku akan diperbaharui.

Bahkan ruangan tersebut didesain sedemikian rupa sehingga nyaman, sejuk, tenang dan bersih. Jadi, orang akan betah membaca buku di Pojok Buku tersebut. Khususnya Lewu Hante akan terus dibenahi dan dikembangkan secara bertahap. Diharapkan dengan dibangunnya Pojok Buku akan menciptakan kebiasaan positif membaca buku di kalangan masyarakat.

Serbuan internet yang menawarkan kepraktisan dan kekompletan materi, memang mungkin menjadi alternatif dalam kecepatan. Tapi, seperti yang dikatakan beberapa anak penyuka buku-buku perpustakaan Imoy, seorang siswi SD, tampak antusias saat menceritakan ke asikan saat meminjam buku buku perpustakaan.

“Kebiasaan membaca buku kita boleh dibilang sangat rendah. Apalagi dengan media digital yang ada sekarang, menawarkan bacaan apa saja. Tapi memang, kita harus meng-evolusi sebuah budaya kebiasaan. Sehingga nantinya, generasi mendatang, akan menjadi generasi yang ‘berisi’ ilmu pengetahuan serta wawasan, dari buku sebagai jendela dunia,” ungkap Santoso, seorang pengajar di sebuah sekolah menengah, pada Jumat (22/10/2021).

Komentar

Loading...