Peristiwa

Lemahnya Sistem Keamanan Elektronik, Pemprov Launching Tim Tanggap Insiden Siber KaltengProv-CSIRT

PALANGKA RAYA, TimeBorneo.com – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi launching Tim Tanggap Insiden Siber KaltengProv-CSIRT, yang dilaksanakan di Bahalap Hotel, padq Jumat (22/10/2021) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Pada kesempatan tersebut, diserahkan oleh Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian kepada Pemerintah provinsi Kalteng berupa Surat Tanda Registrasi Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Indident Response Team (CSIRT) atas terbentuknya KaltengProv-CSIRT.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Edy Pratowo menyampaikan bahwa pengumpulan data secara massif melalui berbagai sistem elektronik, merupakan peluang dan kesempatan kepada berbagai pihak yang tidak berhak untuk mencuri dan kemudian diperjualbelikan untuk keuntungan pribadi, keuntungan kelompok, keuntungan Lembaga, bahkan keuntungan untuk Negara lain.

“Peluang yang disebabkan oleh lemahnya sistem keamanan elektronik kita hal ini tentu tidak bisa dibiarkan, harus ada upaya dari negara untuk melindungi segala bentuk kejahatan baru di dunia maya, terkhusus perlindungan terhadap data dan sistem,” tutur Edy dalam rilis Diskominfosantik Kalteng, pada Jumat (22/10/2021).

Untuk Itu, Negara telah membentuk Badan Siber Dan Sandi Negara, Sebuah /Lembaga Negara yang memiliki tugas dalam menangani Insiden Siber dan Sandi, salah satu bentuk tanggung jawab dan kewenangan itu, dengan dibentuknya Tim Tanggap Insiden Siber Provinsi Kalteng.

Komentar

Loading...