Covid-19

Entikong Nihil Kasus Baru Covid-19 Masyarakat Diminta tak Abaikan Prokes

ENTIKONG,TimeBorneo.com - Dalam sebulan terakhir, kasus Covid-19 di kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau memang menunjukkan tren penurunan. Namun demikian, kondisi itu tak lantas membuat masyarakat bisa abai dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Masyarakat selalu kita ingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas diluar rumah.Tetap gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan kurangi aktivitas. Selain itu pemilik tempat usaha seperti warung kopi dan kafe juga dihimbau untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait penerapan prokes selama pademi Covid-19,” kata Camat Entikong, Kosmas Yul, Sabtu (23/10/2021).

Disampaikan Kosmas Yul, meskipun kecamatan Entikong saat ini sudah nihil kasus aktif Covid-19 bukan berarti pandemi sudah berlalu.

“Saya akui, hampir seluruh masyarakat sudah merasa bosan. Tapi ketika kita mengalami rasa bosan itu, saya khawatir akan menjadi sebuah kelemahan kita untuk mudah diserang Covid-19,” kata Kosmas Yul.

Untuk itu, tidak ada pilihan lain selain disiplin menjalankan prokes. Terlebih, menjadikan prokes sebagai bagian kehidupan sehari-hari terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Di samping itu, pemerintah juga terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kondisi tersebut akan berlangsung sampai penanganan Covid-19 dianggap betul-betul terkendali.

“Covid-19 tidak akan hilang begitu saja dalam waktu cepat, tetapi akan menjadi endemi. Namun kita harus yakin untuk melewatinya,” ungkapnya.

Selain pengetatan prokes, Camat Entikong juga terus berupaya menggenjot terbentuknya kekebalan komunal di masyarakat. Targetnya, hingga awal tahun 2022 vaksinasi Covid-19 bisa tembus 70 persen.

“ Saya minta tolong semua pihak untuk gotongroyong melakukan vaksiani dengan sebaik-baiknya,” pungkas Kosmas Yul.

Komentar

Loading...