Kesehatan

Masyarakat Diimbau Waspada Penyakit DBD Pasca Banjir

Warga saat bersih-bersih pasca banjir di Kabupaten Sekadau, Kalbar.

SEKADAU, TimeBorneo.com - Pasca banjir di Kabupaten Sekadau, Kalbar, masyarakat diimbau menjaga lingkungan yang sehat. Karena akibat genangan air pasca banjir memicu timbulnya sejumlah penyakit menular. Salah satu penyakit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu seperti ditegaskan Kepala Puskesmas Sekadau Hilir, Slamet Subagio. Menurutnya, penyakit yang terjadi di wilayah kecamatan Sekadau Hilir pasca banjir didominasi oleh penyakit kulit seperti kutu air dan diare.

"Karena terutama di posko-posko pengungsian itu akses air bersihnya sangat kurang," ujarnya pada Jumat (19/11/2021) siang.

Menurutnya, penyakit menular lainnya seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di kecamatan Sekadau Hilir masih dikatakan rendah dibandingkan penyakit diare dan gatal-gatal.

Adapun keluhan penyakit mayoritas dialami oleh orang tua sedangkan anak-anak banyak yang mengalami diare.

"Kemudian ketika air ini sudah mulai surut saat ini yang kita perlu waspadai adalah kasus demam berdarah dan diare," tuturnya.

Sementara itu ia menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya menyiapkan antisipasi untuk menindaklanjuti kasus demam berdarah yang akan menjadi perhatian utama.

Komentar

Loading...