Hari AIDS 2021

13 Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sekadau

SEKADAU,TimeBorneo.com - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi mengatakan selama dua tahun terakhir tepatnya di tahun 2020 dan 2021,terdapat 13 kasus HIV/AIDS yang terdapat di kabupaten Sekadau.

"Kasus yang ada di Sekadau ini selama tahun 2020 terutama ada 9 penderita terkonfimasi terdata kemudian ada 1 yg meninggal kemudian 2021 ini ada nambah 5 kasus baru," tuturnya bertepatan dengan hari HIV/AIDS sedunia,pada Rabu (1/12/2021).

Ia menambahkan kasus-kasus yang telah terdata tersebut seperti gunung es yang mana tentunya masih ada penderita yang tidak mau berobat dan enggan untuk diperiksa.

Adapun dikatanya bahwa HIV/AIDS merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bersama-sama.

Sementara itu tidak lupa dirinya juga menyampaikan bahwa hari peringatan HIV/AIDS di tahun 2021 ini yang bertemakan "Akhiri Ketimpangan,Akhiri Aids" memiliki arti jika kita diminta untuk bersama-sama mengakhiri adanya kasus HIV/AIDS.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran diri guna mencegah HIV/AIDS baik secara individu,di dalam keluarga maupun di sekolah dan berharap agar kasus HIV/AIDS di Sekadau tidak bertambah.

"Kita juga membutuhkan solidaritas terhadap penyimpangan stigma masyarakat penderita HIV/AIDS yang harus bisa hidup berdampingan dengan kita,terlebih HIV/AIDS ini kan menimbulkan kerugian materi dan dampak sosial juga," pungkasnya.

Komentar

Loading...