Polri

Angka Lakalantas di Kabupaten Sekadau Menurun Selama 2021

SEKADAU, TimeBorneo.com - Kecelakaan lalu lintas menjadi hal yang perlu menjadi perhatian serius semua pihak agar selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

Kanit Laka Satlantas Polres Sekadau,Aipda Yogo Bujono mengungkapkan, angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di kabupaten Sekadau selama Januari hingga per 9 Desember 2021 cenderung mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Tercatat jumlah lakalantas yang terjadi pada tahun 2020 sebanyak 22 kasus dengan rincian 16 korban luka berat,1 korban luka ringan,11 korban meninggal dunia dan kerugian materiil mencapai total Rp56,4 juta.

"Sementara itu data laka tahun 2021 yang kami terima sampai 9 Desember ini jumlah kasus lakalantas itu ada 15 kasus yaitu 14 korban luka berat,5 korban meninggal dunia,6 korban luka ringan dan kerugian materiil mencapai Rp34 juta" katanya pada media ini,Kamis (9/11/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kejadian lakalantas di Sekadau selama ini rata-rata bermula dari kelalaian pengendara sendiri yang didominasi oleh pelajar dan mahasiswa.

"Itu dikarenakan mereka masih mengabaikan tata tertib berlalu lintas yang mana kelalaian ini pasti berdampak dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas sehingga ada korban yang meninggal,luka berat,ada kerugian materiil dan sebagainya," ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan jika pihak kepolisian tidak henti-hentinya melakukan upaya serius,seperti memberi edukasi pada masyarakat guna menekan angka lakalantas di Sekadau.

Ia mengimbau agar masyarakat pengguna jalan raya dapat meningkatkan kesadaran diri untuk tertib berlalu lintas.

"Menggunakan helm,menaati peraturan lalu lintas yang mana nenggunakan helm fungsinya menjaga atau melindungi cidera fatal korban kecelakaan karena benturan kepala," tandasnya.

Komentar

Loading...