Peristiwa

Asmuni Ali: Toleransi Sebagai Cara Terbaik Menghadapi Radikalisme Agama

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim, Asmuni Ali

SAMARINDA, TimeBorneo.com - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim, Asmuni Ali menyatakan bahwa Moderasi beragama ini jika dilaksanakan dengan baik, maka toleransi akan baik, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Itu diungkapkannya usai menghadiri Hari Amal Bhakti ke 76 di halaman kantor Kanwil Kemenag Kaltim, pada Senin (3/1/2022) juga mengingat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia. Maka dari itu FKUB terus mensosialisasikan nilai moderasi beragama.

"Komitmen utama moderasi beragama terhadap toleransi menjadikannya sebagai cara terbaik untuk menghadapi radikalisme agama yang mengancam kehidupan beragama dan pada gilirannya, berimbas terhadap kehidupan persatuan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," lanjut Asmuni Ali.

Hal ini sejalan dengan amanah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang mengajak tokoh agama untuk menjadikan agama sebagai sumber nilai-nilai yang merawat kebinekaan. Tidak dapat disangkal bahwa agama menjadi roh utama bangsa sehingga para tokoh agama berperan penting untuk menjaga kemajemukan sebagai kekayaan dan modal sosial Indonesia.

Dalam hal ini Presiden mengajak tokoh agama dan umat beragama untuk memberikan wawasan keagamaan yang Iebih dalam dan luas lagi kepada umat masing-masing, karena eksklusivisme, radikalisme dan sentimen-sentimen agama cenderung bertumpu pada ajaran-ajaran agama yang terdistorsi.

Komentar

Loading...