Peristiwa

5 Narapidana Dapat Asimilasi Rumah, Kalapas: Apabila Melakukan Tindak Pidana Kembali Kami Cabut

KOTAWARINGIN TIMUR, TimeBorneo.com – Kalapas Kelas IIB Sampit Agung Supriyanto sampaikan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Sampit memberikan program asimilasi rumah (asrum) kepada 5 (lima) orang narapidananya pada Selasa (4/1/2022) seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Adapun program tersebut sesuai dengan Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021 ini adalah Perubahan Kedua Atas Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 Tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 yang diterbitkan pada 29 Desember 2021 lalu.

Kalapas menambahkan sebelum dilakukan proses pengeluaran terhadap kelima narapidana, sebelumnya dilakukan pengarahan dan kepada pembimbing kemasyarakatan (PK). Selanjutnya balai pemasyarakatan (Bapas) kelas II Sampit akan ketentuan/kewajiban yang harus dilaksanakan dan larangan yang tidak boleh dilakukan dalam program asimilasi rumah ini.

Selanjutnya dilakukan proses serah terima kelima narapidana tersebut dari Lapas kepada Bapas Sampit yang bertindak selaku Bapas Pembimbing dan Pengawas selama kelima narapidana tersebut menjalani program asimilasi rumah

“Apabila melakukan tindak pidana kembali selama menjalani program ini, maka akan kami lakukan pencabutan atas Surat Keputusan Asimilasi Rumah serta harus masuk kedalam Lapas Sampit kembali. Saya berpesan kepada kalian semua untuk melaksanakan ketentuan/kewajiban serta tidak melaksanakan pelanggaran atas ketentuan yang berlaku,” pesan Kalapas pada Rabu (5/1/2022).

Komentar

Loading...