Vaksinasi Massal

Vaksin Booster Harus Capai 70 Persen, Masitah: Kami Sedang Menunggu

Plt Kepala Dinas kesehatan Provinsi Kaltim Masitah

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Plt Kepala Dinas kesehatan Provinsi Kaltim Masitah menyatakan bahwa Provinsi Kaltim siap untuk melaksanakan booster vaksinasi Covid-19 pada masyarakat, demikian juga dengan kab/kota, seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

"Kami sedang menunggu regulasi resmi dari Kemkes untuk pelaksanaan vaksinasi booster pada masyarakat usia diatas 18 tahun. Saya harapkan masyarakat antusias untuk mendapatkan vaksinasi dosis 2 sehingga semua masyarakat usia diatas 18 tahun dapat menerima booster untuk meningkatkan perlindungan dari paparan Covid-19," tutur Masitah, pada Kamis (6/1/2022).

Program ini diprioritaskan pada usia 18 tahun keatas dan dilaksanakan pada kabupaten/kota yang capaian vaksinasi sudah 70 persen untuk dosis 1 dan 60 persen untuk dosis 2.

Saat ini kab/kota di Kalimantan Timur yang sudah memenuhi kriteria tersebut hanya 4 kab/kota yaitu kota Samarinda, Balikpapan, Bontang dan kabupaten Berau. Sementara 6 kab/kota masih harus melakukan akselerasi vaksinasi dosis 2 yang belum mencapai 60 persen untuk cakupan dosis 2.

Hal tersebut sejalan dengan amanah yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin  pada Senin (3/1/2022) di Jakarta mengenai Vaksin booster yang akan di laksanakan pada 12 Januari 2022.

Vaksin booster akan diberikan ke kabupaten/kota dan target vaksinasi harus mencapai 70 persen dosis pertama, serta golongan dewasa usia di atas 18 tahun.

”Diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO (Oeganisasi Kesehatan Dunia). Dan akan diberikan ke Kabupaten/Kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen suntik pertama dan 60 persen untuk suntik kedua,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Komentar

Loading...