Vaksinasi

Kalbar Lakukan Vaksinasi Booster untuk Lansia

PONTIANAK, TimeBorneo.com - Meski vaksinasi Covid-19 bagi dewasa dan remaja serta lansia belum 100 persen rampung namun guna melindungi usia rentan yakni lansia, dinas kesehatan kalbar turut melakukan vaksinasi booster kepada para lansia yang sudah selesai vaksinasi 1 dan 2 namun vaksin booster ini ternyata tak semua lansia bisa di vaksin.

Harison Kadinkes Kalbar mengatakan secara nasional Rabu ( 12/01/2022) lalu telah dimulai pelaksanaan vaksinasi booster (dosis ke-3) untuk LANSIA di semua Kabupaten Kota, dan juga di Kalbar.

“ Kita akan lakukan vaksinasi lansia, namun tidak semua lansia bisa di vaksin hanya usia 60 tahun keatas tidak hanya itu penderita imunokompromais juga mendapat vaksinasi booster,” terangnya.

Harison menambahkan sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi booster pada usia 18 sampai 60 tahun, hanya dapat dilaksanakan pada kabupaten kota yang sudah memenuhi syarat cakupan vaksinasi yaitu cakupan total dosis Pertama lebih dari 70% dan vaksinasi dosis Pertama pada Lansia lebih dari 60% (berdasarkan data KTP).

“ Untuk Kalimantan Barat, hanya Melawi saja yang memenuhi syarat tersebut, dan untuk vaksin yang di gunakan untuk booster yakni Bila vaksinasi 1 dan 2 (Primer) Sinovac maka vaksinasi booster menggunakan AstraZeneca atau Pfizer masing- masing setengah dosis.untuk vaksinasi 1 dan 2 (primer) AstraZeneca maka vaksinasi booster menggunakan Moderna (setengah dosis),” tutur Harison.

Harison mengungkapkan berdasarkan data capaian vaksinasi lansia di kalbar yakni V1 47,50 persen V2 26,54 dengan jumlah sasaran 350,692 jiwa

Komentar

Loading...