Pemerintahan

Dinsos Kaltim Serahkan Bansos, AHK: Konsekuensi Logis

SAMARINDA, TimeBorneo.com – Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Agus Hari Kusuma serahkan bantuan Sembako kepada Lanjut Usia (Lansia) di UPTD Panti Sosial Jalan Remaja Samarinda, pada Kamis (13/1/2022) seperti diberitakan dalam diskominfo.kaltimprov.go.id

Jumlah Lansia yang diberikan bantuan pada hari ini sebanyak 100 paket, terdiri 10 orang para Veteran, masyarakat yang merupakan binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) 60 orang, pensiunan Dinas Sosial 15 orang dan lanjut usia di Panti Sosial Tresna Wherda sebanyak 15 orang.

"Ini merupakan konsekuensi logis pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentng pemerintah daerah dimana ada 4 (empat)kewenangan Provinsi dalam hal pelaksanaan Rehabilitasi sosial dasar dalam panti. Besar harapan kami seluruh penerima dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik," tambahnya.

Diketahui, PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga memerlukan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial secara memadai dan wajar (Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

“Dinas Sosial Prov Kaltim menyerahkan Kegiatan Sosial tersebut dalam Rangka Ikut memeriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-65 Tahun 2022. Urusan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia merupakan salah satu sasaran rencana strategis Dinas Sosial sebagai penerima manfaat dan layanan dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)," terangnya lagi.

Komentar

Loading...