Peristiwa

Pengadilan Agama Pulang Pisau Buat Inovasi PTSP Keliling, Kini Menyasar Tingkat Desa

PULANG PISAU, TimeBorneo.com – Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau, Erpan sampaikan bahwa dalam rangka mendekatkan Pengadilan ke masyarakat, Pulang Pisau membuat program Inovasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) keliling, seperti diberitakan dalam Kaltengtoday.com [jaringan TimeBorneo.com].

Diketahui dalam Program inovasi yang di launching pada tahun 2021 di Kecamatan Kahayan Kuala itu, pada tahun 2022 mulai kembali dilaksanakan di Desa Bahaur Hilir, pada Rabu (12/1/2022). Melalui PTSP keliling ini mensetenya ingin bagaimana supaya akses masyarakat ke pengadilan itu lebih mudah dan cepat. Bukan karena jarak, sehingga jarak tersebut tidak menjadikan suatu kendala.

“PTSP keliling ini dalam rangka mendekatkan Pengadilan kepada masyarakat. Jadi, PTSP keliling di kecamatan Kahayan Kuala ini akan menjadi percontohan kecamatan lainnya. Jika semua kecamatan sudah tersosialisasikan, maka PTSP keliling ini baru akan menyasar ke tingkat desa,” ungkapnya pada Kamis (13/1/2022).

Dalam PTSP keliling masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi terkait dengan perkara atau pelayanan yang ada di Kantor Pengadilan Agama Pu Pengadilan Agamalang Pisau. Misalnya, lanjutnya, jika ada masyarakat yang ingin berperkara, akan dibukakan ruang untuk pendaftaran.

Bahkan, jika ada masyarakat yang sudah berperkara di Pengadilan Agama, akan tetapi belum mendapatkan produk, baik itu berupa Akta maupun salinan putusan bisa dilayani di PTSP keliling, dengan menunjukkan surat panggilan atau KTP yang bersangkutan.

“Jadi, PTSP Keliling ini masyarakat bisa mendapatkan semua pelayanan sama seperti PTSP di Kantor Pengadilan Agama.  Hanya saja yang membedakan tempatnya. Terobosan dan inovasi PTSP keliling ini fungsinya sama dengan PTSP di kantor Pengadilan Agama Pulang Pisau. sehingga diharapkan PTSP keliling bisa mendekatkan kepada masyarakat, ” tambah Erpan.

Komentar

Loading...